Halaman

Rabu, 23 Januari 2013

TIPS MERAWAT FLASHDISK TETAP MONCER


Zaman sekarang ini, siapa yang tidak tahu flashdisk? Bentuknya kecil namun bisa dibilang wooouw karena kemampuannya dalam menyimpan data dalam ukuran yang cukup besar dan menjadi bagian penting bagi banyak orang. Nah, gimana cara merawat flashdisk agar tetap awet dan tidak gampang error?. Simak yang berikut ini ya....
 
  1. Lakukan proses eject dan stop. Sebelum mencabut flashdisk dari port-nya, lakukan proses eject dan stop. Jika hal tersebut tidak dilakukan, flashdisk tidak Cuma akan rusak secara fisik saja tapi juga dapat merusak data yang ada di dalamnya.
  2. Lakukan pemindaian virus. Saat memindahkan data dari PC ke flashdisk atau sebaliknya, sangat mungkin tidak cuma data saja yang ikut berpindah, namun juga virus yang ada. Terlebih data yang diambil dari internet. Nah, untuk keamanan, lakukan scanning atau pemindaian virus dengan perangkat lunak antivirus yang terupdate secara berkala.
  3. Jauhkan dari medan magnet yang kuat. Jangan menyimpan flashdisk berdekatan dengan barang-barang yang memiliki daya magnet besar, seperti tv dan hp. Magnet yang dihasilkan dapat mengganggu kinerja flashdisk.
  4. Jangan terkena air. Air yang masuk ke dalam flashdisk dapat merusak komponen yang ada di dalamnya, sehingga bisa saja membuat data-data yang tersimpan akan hilang atau tidak bisa dibuka. 
  5. Jauhkan dari panas. Hampir semua barang elektronik termasuk juga flashdisk sangat rentan dengan panas. Apalagi kalau terkena sinar matahari langsung. 
  6.  Hindari benturan yang keras. Flashdisk yang sering jatuh atau terkena benturan keras memiliki resiko besar untuk mengalami kerusakan, baik rusak fisik ataupun data. 
  7.  Usahakan selalu tertutup. Hal ini perlu guna mengantisipasi masuknya debu dan kotoran ke dalam flashdisk, usahakan untuk selalu menutupnya jika tidak digunakan. Jika flashdisk kotor, maka bisa mengakibatkan proses baca tulis lewat flashdisk sering gagal.
Demikian tips merawat flashdisk agar awet. Semoga bermanfaat.
dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran amat kami harapkan. Terima kasih

Apa komentar Anda?

Pengikut