Halaman

Minggu, 20 Januari 2013

Membuat Jus Kulit Manggis Sendiri

     Buah manggis dikenal sebagai queen of fruits. Hal ini tidak mengherankan, karena memang kandungan gizi di dalam buah manggis memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Bahkan pada kulit manggis, khasiatnya melebihi daging buahnya karena mengandung antioksidan paling tinggi.
        Kulit manggis memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidan di dalam kulit manggis sangatlah tinggi. Itulah sebabnya kulit manggis banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Saat ini, jus kulit manggis banyak beredar di pasaran dengan beragam kualitas dan harga. Bila Anda kurang yakin produk mana yang terbaik, saya berikan resep cara membuat jus kulit manggis sendiri. Sengaja saya membuat posting mengenai cara membuat jus kulit manggis sendiri ini dengan beberapa alasan :
  1. Banyak sekali orang yang bertanya bagaimana cara membuat jus kulit manggis
  2. Tidak semua jus kulit manggis yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik, sehingga mungkin akan mengecewakan Anda.
  3. keyword ‘cara membuat jus kulit manggis’ merupakan salah satu keyword yang banyak dicari di google

Mengapa Anda Perlu Mengetahui Cara Membuat Jus Kulit Manggis Sendiri ?

        Seorang ahli gizi dari Jepang, Minako Auno mengatakan bahwa suplemen antioksidan yang beredar di pasaran kebanyakan sudah sangat jauh berkurang khasiatnya. Sesuai dengan sifatnya, antioksidan akan sangat mudah teroksidasi oleh udara di sekitarnya. Oleh karena itu, suplemen antioksidan haruslah terhindar dari bersentuhan dengan udara agar khasiatnya tidak berkurang. Namun sayangnya, kebanyakan suplemen antioksidan yang beredar di pasaran memiliki kemasan yang tidak kedap udara. Akibatnya, semakin lama suplemen itu disimpan, semakin berkurang pula khasiatnya. Oleh sebab itu, bila Anda ingin membeli jus kulit manggis, pastikan kemasan jus kulit manggis yang Anda beli kedap udara agar khasiatnya tetap terjaga.
        Itulah sebabnya, bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil maksimal, saya sarankan membuat jus kulit manggis sendiri di rumah. Saya akan berikan tips mengenai cara membuat jus kulit manggis sendiri agar Anda bisa membuat sendiri jus kulit manggis dengan khasiat yang terbaik.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

  1. Kulit manggis dikerok bagian dalamnya dengan sendok lalu dijus.Siapkan terlebih dahulu 1-3 butir buah manggis. Akan lebih baik bila dicampur dengan apel, anggur, beberapa kuntum bunga rosella segar atau dicampur dengan yang sesuai selera. Kupas kulit manggis, dan kerok bagian dalam kulitnya yang berwarna merah, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut-ikutan terambil, karena dapat menyebabkan rasa jus manggis menjadi pahit nantinya. Semakin banyak kulit manggis yang dipakai semakin pekat hasilnya dan rasanyapun juga sepat akan tetapi semakin baik.
  2. Kulit manggis direbus, air rebusannya digunakan untuk membuat jus. Kalau tidak ingin rasa terlalu pekat dengan kulit manggis segar, maka bisa dengan cara merebusnya lalu gunakan air rebusan untuk ngejus. Ambil 3-5 kulit buah manggis rebus dengan 6 gelas air hingga tinggal 3 gelas air. Gunakan air untuk ngejus buah kesukaaan anda, air yang digunakan disesuaikan dengan tingkat keenceran jus yang dikehendaki. Sisa air rebusan bisa diminum sebagai wedang  bisa disimpan dikulkas dan dipakai hari berikutnya. Beberapa herbalis memberikan resep pengobatan dengan menggunakan air rebusan kulit manggis ini untuk langsung diminum 2-3 kali sehari dengan ditambahkan madu secukupnya.
  3. Dikeringkan dan direbus. Untuk menghindari kekurangan kulit manggis karena sudah lewat musin sehingga tidak ada lagi dipasar, maka kulit manggis bisa diiris-iris lalu dikeringkan dengan dijemur. Karena sekarang juga musim hujan, maka cermati tingkat kekeringan dan kemungkinan tumbuhnya jamur pada kulit manggis yang belum-belum benar kering dijemur. Setelah kering simpan ditempat kering agar tahan lama. Cara membuat jusnya, ambil kulit manggis kering segenggam, cuci bersih lalu direbus, airnya digunakan untuk membuat jus seperti cara ke 2 diatas.
  4. Dikeringkan dan ditumbuk. Cara keempat ini juga digunakan untuk mengantisipasi kekurangan kulit manggis karena sudah tidak musim buah manggis. Bedanya kalau yang ketiga setelah dikeringkan direbus lalu airnya untuk ngejus, yang ke empat ini setelah dikeringkan kemudian ditumbuk. Serbuk kulit manggis inilah yang dipakai untuk ngejus, tentu saja dengan tambahan buah lainnya. Pilihan buah tergantung selera kita, tidak ada patokan harus buah apa, kecuali memang untuk pengobatan penyakit tertentu yang harus pantang buah tertentu atau mengkonsumsi buah tertentu.
  5. Kulit dan buah manggis dijus. Nach cara terakhir ini tidak hanya kulit manggisnya saja yang dijus, tetapi seluruh buah manggisnya kecuali tangkai dan kelopak manggis. Ambil 1-2 manggis, dicuci, dibelah, masukkan seluruh buah manggis (biji dan kulitnya), kulit manggisnya sebaiknya diiris atau disobek-sobek dulu biar memudahkan untuk diblender/dijus, tambahkan madu atau gula aren secukupnya. Kalau tidak langsung diminum, maka warnanya akan berubah menghitam  dan bagian atas menjadi kental, tetapi tidak masalah, jus tetap bisa diminum. Pada langkah selanjutnya adalah memblender kulit beserta bahan-bahan lain yang telah kita siapkan tadi. Daging buahnya bisa ikut dimasukkan atau kita makan saja. Sebaiknya gunakan madu sebagai pemanis.
Lima cara mengkonsumsi jus kulit manggis, silahkan pilih cara yang paling sesuai dengan selera masing-masing. Gampang membuatnya, bermanfaat tinggi untuk kesehatan, dan murah biaya pembuatannya. Nach, apa kenapa masih ragu untuk mencobanya, jangan kuatir, tidak ada cara yang salah dalam membuat jus kulit manggis, semua cara bisa digunakan. Tingkat keseringan mencoba akan membuat kita makin kaya akan improvisasi membuat jus kulit manggis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran amat kami harapkan. Terima kasih

Apa komentar Anda?

Pengikut