Halaman

Kamis, 31 Januari 2013

Manfaat bersedekah

"Memberi lebih baik dari pada menerima". pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan ungkapan tersebut. Nah, percaya atau tidak ungkapan tersebut ada benarnya juga. Jordan Grafman, pakar syaraf kognitif dari National Institute of Neurological Disorders anf Stroke, Maryland AS dan tim ilmuwan lainnya menemukan bahwa ada reaksi kimia yang terlibat dalam tindakan memberi dan menerima tersebut.

Memberikan sesuatu kepada orang lain dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Juga mampu mengaktifkan perilisan hormon dopamin dan oksitosin alias hormon rasa senang yang dihasilkan seperti ketika kamu mabuk asmara.

Ketika kamu menerima sesuatu dari orang lain, hormon dopamin memang akan terangsang. Namun, ketika kamu memberi, hormon oksitosin juga akan bekerja dan lebih terangsang dibanding dopamin. Jadi kamu akan merasa lebih senang.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Grafman, tiap kali seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain, ada tiga orang yang akan merasakan manfaatnya, yaitu pemberi, penerima dan pengamat. Pengamat juga termasuk?. Ya, melihat kebaikan rupanya juga dapat memberi perasaan bahagia pada seseorang yang melihat tindakan tersebut.

Efek yang ditimbulkan dari kebiasaan memberi tak hanya itu. Dalam penelitian yang dilaporkan Fowler dan Christakis seperti yang dilansir Science Daily, tindakan memberi rupanya bisa menjangkiti orang lain. Misalnya, ketika seseorang memberi uang untuk membantu ornang lain, maka si penerima cenderung akan memberikan uang mereka juga ke orang lain di masa yang akan datang.

Perasaan baik atau senang lantaran sudah menerima pemberian orang lain dapat menciptakan efek domino alias keberlanjutan. Kemurahan hati untuk memberi dapat menular dari orang yang satu ke yang lain.

Memberi merupakan salah satu wujud syukur. Seperti ditegaskan oleh beberapa ilmuwan bahwa bersyukur memiliki banyak efek positif. Diantaranya bisa mengubah neurokimia di otak, mengurangi rasa sakit fisik, meningkatkan kewaspadaan, membuat tidur lebih pulas, dan meningkatkan semua kesehatan tubuh secara keseluruhan. Satu yang penting diperhatikan saat memberi, harus ikhlas!
 
sumber : Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran amat kami harapkan. Terima kasih

Apa komentar Anda?

Pengikut