Halaman

Rabu, 23 Januari 2013

Agar Ibu Hamil Tetap Bugar di Kantor


Kerja di kantor saat hamil adalah tantangan bagi wanita. Perubahan kondisi secara signifikan, fisik atau psikologis, mempengaruhi aktivitas dan produktivitas bekerja. Maka, agar dapat bekerja dengan baik, maka ibu hamil harus memastikan kehamilannya dalam keadaan baik.


Pada banyak perubahan dan penyesuaian fisik dan psikis selama hamil, pada awal kehamilan misalnya, penciuman ibu hamil menjadikan fisik sensitif sehingga mengakibatkan pusing hingga mual. Pencegahannya adalah hindari bau tak sedap atau letakkan aroma terapi yang disukai di atas meja. 

Nyeri pada pinggang dan panggul juga kerap dialami ibu hamil, apalagi bila duduk terlalu lama. Hal ini dapat disiasati dengan menyimpan batal kecil sebagai penyangga bagian belakang tubuh agar posisi tubuh lebih nyaman. Sesekali berdiri dan berjalan juga diperlukan untuk membantu menghilangkan rasa pegal pada panggul dan pinggang.

Mual di pagi hari pada awal kehamilan sudah menjadi sahabat ibu hamil. Untuk mengatasinya, biasanya dokter kandungan memberi obat mual. Kondisi perut yang terlalu kenyang atau lapar juga menjadi penyebab timbulnya mual. Makan dalam jumlah sedikit tetapi sering adalah kunci untuk mencegah mual.

Perjalanan menuju tempat kerja terkadang mempengaruhi suasana hati saat tiba di tempat kerja, hal ini dapat diantisipasi dengan memutar lagu-lagu yang menenangkan. Ibu hamil dapat pula memilih tempat duduk di depan atau dekat jendela bila menggunakan kendaraan umum, hal ini untuk menghindari guncangan dan mencium aroma tidak sedap. Minum air putih yang cukup, hindari minuman berkafein serta mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi juga diperlukan unrtuk menjaga kebugaran ibu hamil selama bekerja di luar rumah.
 

sumber : kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran amat kami harapkan. Terima kasih

Apa komentar Anda?

Pengikut